Jumat, 20 April 2012

BERKAT HUTAN

Aku tinggal di dusun Mbraman. Dusunku dekat dengan hutan, makanya dusunku sejuk dan indah. Setiap hari Minggu aku dan ibu mencari kayu di hutan. Ibu membawa kayu untuk dijual, dan uangnya buat biaya sekolahku. Dan aku membawa kayu  untuk dibakar dan buat menanak nasi dan air untuk mandi.

Selain membawa kayu aku membawa rumput untuk makan sapi-sapiku. Dan kalau tidak diajak ibu, aku dan teman-teman naik ke gunung sendiri. Aku dan teman-teman membawa nasi untuk dimakan saat istirahat.

Hutanku juga dibutuhkan sehari-hari untuk warga, makanya dusunku tidak mengeluarkan uang banyak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berkat hutan dusunku tidak mengeluarkan uang banyak. Warga dusunku walaupun mencari kayu di hutan, tetapi mereka tetap menjaga dan menanam hutan kembali.

Dan aku mempunyai peliharaan yang paling kusukai, yaitu anjing. Aku memang senang dengan anjingku karena dia lucu. Anjingku setiap ibu ke sawah ikut, anjingku juga selalu ikut ke hutan.

Antonius Farmai U., 11 tahun, Dusun Braman, 2011

Foto : Kosmas Mahendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar